SOLOPOS.COM - Jokowi (JIBI/SOLOPOS/Antara)

Walikota Solo, sekaligus Calon Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo, melakukan ritual sungkeman kepada ibunya, Sujiatmi Notomiatjo, di kediaman Jl Pleret Raya, Sumber, banjarsari, Solo, Rabu (19/9/2012). Sungkeman tersebut dilakukan untuk meminta restu dan doa orangtua sebelum melaksanakan Pilgub DKI putaran kedua. (Dwi Prasetya/JIBI/SOLOPOS)

SOLO–Calon Gubernur DKI sekaligus Walikota Solo Joko Widodo (Jokowi) melakukan ritual sungkeman kepada ibu Sujiatmi Notomiatjo, Rabu (19/9/2012) pagi. Ritual sungkeman ini dilakukan untuk meminta doa restu orangtua sebelum melaksanakan Pilkada DKI putara kedua, Kamis (20/9/2012).

Promosi Timnas Garuda Luar Biasa! Tunggu Kami di Piala Asia 2027

Jokowi datang bersama ke kediaman orangtua di Jalan Pleret Raya No 9A RT001/RW007 Sumber, Banjarsari, Solo sekitar pukul 07.45 WIB. Jokowi masuk melalui pintu garasi samping rumah dan menuju ruang tamu langsung sungkem kepada ibunya.

Jokowi tertunduk dan beberapa kali ibunya mengelus punggung serta memberikan wejangan-wejangan kepadanya. Prosesi sungkeman itu tidak lebih dari dua menit. Sujiatmi Notomiatjo menuturkan doa diberikan layaknya doa orangtua kepada anak.

“Tidak ada doa khusus. Hanya doa seorang ibu seperti ibu yang lain untuk anaknya,” ujarnya.

Jokowi mengatakan tidak ada ritual khusus. Prosesi sungkeman hanya untuk meminta doa restu orangtua sebelum berangkat ke Jakarta. Ditanya mengenai perasaannya pada putaran kedua ini, Jokowi mengaku biasa saja sama seperti pada putaran pertama lalu.

“Pokoknya tidak ada ritual apa-apa. Hanya tahajud agar tercapai tujuannya,” tuturnya.

Hari ini seluruh keluarga besar Jokowi akan memberi dukungan ke Jakarta. Rombongan besar menggunakan bus. Sementara ibu dan istri beserta anak menggunakan pesawat menuju Jakarta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya