SOLOPOS.COM - Cawali Solo dari PDIP, Gibran Rakabuming Raka (tengah) saat menghadiri kegiatan dialog politik di Pasar Kliwon, Solo, Sabtu (14/11/2020) malam. (Solopos/Kurniawan)

Solopos.com, SOLO -- Cawali dari PDIP pada Pilkada Solo 2020, Gibran Rakabuming Raka, bicara soal vaksin Covid-19 saat berdialog dengan kader PDIP Pasar Kliwon, Sabtu (14/11/2020) malam.

Gibran mengaku belum tahu kapan persisnya vaksin Covid-19 siap digunakan dan didistribusikan pemerintah pusat kepada daerah. Tapi, menurutnya, kalau bila bisa lebih cepat akan lebih baik.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Sembari menunggu kesiapan vaksin Covid-19, putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu mengajak masyarakat untuk tetap berhati-hati. Konkretnya dengan selalu memakai masker, mengindari kerumunan, dan rajin cuci tangan pakai sabun.

Yakin Bukan Paslon Boneka, Solo Madani Deklarasi Dukung Bajo Pada Pilkada 2020

“Nanti tunggu koordinasi dulu dari pusat dong. Kalau tidak salah nanti prioritasnya tenaga medis dulu. Ada prioritas bagi kelompok-kelompok masyarakat, termasuk berdasar umur,” ujarnya pada acara yang juga dihadiri cawawali Teguh Prakosa dan Ketua Tim Pemenangan Pasangan Gibran-Teguh, Putut Gunawan, itu.

Sebagai cawali Solo, Gibran mengaku hanya bisa menunggu perintah dari pemerintah pusat terkait vaksin Covid-19 itu. Dia selama ini menyampaikan kepada masyarakat vaksin Covid-19 kemungkinan siap pada Februari 2021.

Segera Berlaku, Masuk Kebun Binatang TSTJ Solo Dan Wahananya Cukup Scan QR Code

Namun, bila ternyata vaksin Covid-19 bisa siap lebih cepat dari rencana, Gibran mengaku sangat senang. Ia menyatakan akan mencoba menanyakan kembali perkembangan pengujian kandidat vaksin Covid-19 ke pemerintah pusat.

Mengajak Masyarakat Tidak Lengah

“Kalau bisa lebih cepat ya lebih baik. Nanti saya tanyakan lagi, insya Allah bisa lebih cepat. Saya biasanya kalau ngomong ke warga [vaksin siap] Februari 2021. Tapi kalau bisa akhir tahun ini ya lebih baik. Ini untuk kebaikan bersama,” urainya.

Pilkada Sukoharjo 2020: Masa Kampanye Tinggal 3 Pekan, Ini Yang Dilakukan EA dan Joswi

Cawali Solo Gibran yang juga ayah dari Jan Ethes Srinarendra dan La Lembah Manah tersebut menyatakan hanya pemerintah yang tahu persis kapan vaksin Covid-19 akan siap. “Yang bisa menjawab itu yang dari pusat, Pak Terawan [Menkes] saja yang menjawab,” imbuhnya.

Kendati sudah ada beberapa kandidat vaksin Covid-19 yang muncul, Gibran mengajak masyarakat tidak lengah. Protokol kesehatan pencegahan dan pengendalian Covid-19 harus terus dijalankan sampai vaksin benar-benar siap.

Antisipasi Persebaran Covid-19, Satpol PP Karanganyar Giatkan Pengawasan Acara Festival

Ia pun mengaku tidak pernah melepaskan maskernya ketika harus melakukan kegiatan lapangan. Selain itu kegiatan yang ia lakukan diikuti tidak lebih dari 50 orang. Yang tidak kalah penting penyediaan tempat cuci tangan dan thermogun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya